SISTEM CHASIS
Pengertian Chasis
Mengenal dengan baik adalah hal yang mengasikkan,
di mana mengenal setiap komponen penyusun dalam sebuah alat merupakan
kesenangan tersendiri. Kesempatan kali ini Camargus
mencoba menyampaikan informasi mengenai komponen penyusun mobil yang
salah satunya adalah chasis mobil. Chasis mobil merupakan komponen utama
dan sangat penting, dimana chasis ini yang menopang axle, kemudi untuk
mengatur arah kendaraan, roda, ban dan rem untuk menghentikan kendaraan
saat berjalan. Sistem pada chasis sangat berpengaruh langsung terhadap
kenyamanan saat berkendara, stabilitas dan lain-lain. Pada bagian chasis
ada beberapa hal yang harus dipahami seperti sistem rangka, sistem rem,
sistem suspensi, sistem kemudi, sistem kopling, sistem transmisi,
sistem diferensial dan sistem penggerak roda.
Sistem Rangka Mobil
Rangka adalah tempat menempelnya semua komponen
yang ada pada kendaraan termasuk bodi. Berdasarkan konstruksinya tempat
menempelnya bodi pada rangka dibagi kedalam 2 jenis yaitu konstruksi
terpisah dan konstruksi menyatu. Rangka yang disajikan pada mobil harus
kokoh, kuat, ringan dan tahan terhadap goncangan yang diterima dari
situasi jalan. Awal pembuatan mobil rangka dikerjakan terpisah dengan
bodi namun dengan perkembangan zaman rangka dan bodi dibuat secara
menyatu yang dikhususkan untuk mobil jenis sedan.
Rangka pada mobil dibedakan beberapa macam, yaitu rangka bentuk H, rangka perimeter, rangka bentuk X, rangka bentuk tulang punggung dan rangka bentuk lantai. Rangka-rangka pada mobil tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk mobil yang akan diproduksi nantinya. Jadi pada pemilihan mobil maka lihat dulu kebutuhan nya untuk apa dan lihat juga rangka yang digunakan terbuat dari apa. Karna rangka merupakan komponen yang sangat penting untuk dimengerti.
Rangka pada mobil dibedakan beberapa macam, yaitu rangka bentuk H, rangka perimeter, rangka bentuk X, rangka bentuk tulang punggung dan rangka bentuk lantai. Rangka-rangka pada mobil tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk mobil yang akan diproduksi nantinya. Jadi pada pemilihan mobil maka lihat dulu kebutuhan nya untuk apa dan lihat juga rangka yang digunakan terbuat dari apa. Karna rangka merupakan komponen yang sangat penting untuk dimengerti.
Konstruksi Rangka Mobil Terpisah
Konstruksi terpisah antara rangka dan bodi biasanya
dikerjakan untuk jenis mobil seperti truck, bus, pick up dan lain-lain.
Pengerjaan antara rangka dan bodi dilakukan secara terpisah dan
kemudian disatukan. Penyatuan rangka dan bodi biasanya menggunakan baut
atau mur. Peningkatan kenyamanan saat penggunaan mobil tersebut biasanya
antara rangka dan bodi dipasang karet sebagai alat peredam geratan.
Konstruksi rangka dan bodi terpisah ini memudahkan dalam penggantian
bagian bodi kendaraan yang mengalami kerusakan. Contoh jenis mobil pick
up yang menggunakan kontruksi terpisah seperti Daihatsu Gran Max PU, Mitsubishi Colt L300 pick up dan lain-lain.
Konstruksi Rangka Mobil Menyatu
Konstruksi menyatu antar rangka dan bodi biasanya
dikerjakan untuk jenis mobil sedan, bahkan ada beberapa jenis mobil MPV
(Multi Purpose Vehicle). Pengerjaan antara rangka dan bodi dilakukan
secara menyatu, di mana rangka dan bodi menjadi satu kesatuan.
Konstruksi menyatu ini bisa disebut juga dengan sistem kulit telur, di
mana satu kesatuan yang utuh sehigga semua beban terbagi rata pada semua
bagian kulit. Penyatuan antara rangka dan bodi menggunakan las. Rangka
dan bodi yang menyatu, memiliki bentuk lebih rendah dibanding dengan
jenis konstruksi terpisah, sehingga titik berat gravitasi lebih rendah,
dengan kata lain mobil dengan konstruksi ini akan lebih stabil. Contoh
jenis mobil yang menggunakan konstruksi menyatu seperti sedan HONDA ACCORD.
Jenis-jenis Rangka Mobil
Rangka dengan bentuk H merupakan konstruksi rangka
yang sederhana, mudah dikerjakan, banyak digunakan pada mobil jenis
truck dan bus. Rangka perimeter merupakan jenis rangka penyempurnaan
dari bentuk rangka H, bodi menempel pada pinggir rangka sehingga posisi
lantai dapat diturunkan. Rangka bentuk X adalah konstruksi rangka balok
yang terdiri atas dua batang rangka utama berbentuk balok memanjang
disatukan pada bagian tengah. Rangka bentuk tulang belakang adalah
konstruksi rangka model tungal, dimana padabagian tengah memikul beban
dan lengan yang menonjol sebagai pemegang bodi. Rangka bentuk lantai
merupakan jenis konstruksi rangka dilas menjadi satu, sehingga merupakan
bentuk yang diintegrasikan dan memungkinkan ruang interior dibuat lebih
luas.
Sistem Rem Mobil
Sistem rem merupakan bagian dari chasis, di mana
sistem rem merupakan bagian yang penting juga pada sebuah mobil. Sistem
rem yang melekat pada chasis mobil seperti rem kaki, rem parkir dan rem
tambahan. Belajar tentang sistem rem akan sangat dibutuhkan, karena akan
membantu anda dalam menggunakan sistem rem.
Rem pada mobil ataupun kendaraan lain nya memiliki fungsi diantaranya adalah mengurangi kecepatan dan menghentikan mobil pada saat melaju, memungkinkan parkir pada bagian menanjak ataupun bagian menurun dan sebagai alat pengaman bagi pengendara kendaraan.
Rem pada mobil ataupun kendaraan lain nya memiliki fungsi diantaranya adalah mengurangi kecepatan dan menghentikan mobil pada saat melaju, memungkinkan parkir pada bagian menanjak ataupun bagian menurun dan sebagai alat pengaman bagi pengendara kendaraan.
Tipe-tipe Rem Mobil
Rem yang digunakan pada mobil dapat digolongkan
dalam beberapa tipe dan tergantung pada pemakaian nya. Rem kaki
digunakan biasanya untuk mengontrol kecepatan dan menghentikan kendaraan
pada saat melaju, rem parkir biasanya digunakan pada saat memarkir
mobil dan rem tambahan untuk membantu rem kaki dan biasanya digunakan
pada kendaraan besar.
Rem Kaki / Foot Break
Rem kaki atau foot break dapat dikelompokkan
menjadi dua tipe yaitu, rem hidraulis dan rem pneumatis. Rem hidraulis
memiliki keuntungan dimana memiliki respon yang lebih cepat dengan
konstruksi lebih sederhana. Rem Pneumatis menggunakan kompresor yang
menghasilkan udara bertekanan besar untuk menambah daya pada saat
pengereman, konstruksi yang digunakan juga lebih rumit dibandingkan
dengan rem hidarulis.
Well, kesempatan kali ini Camargus
baru bisa menyampaikan dua sistem yang melekat pada chasis mobil.
Kelanjutan nya akan dibahas lagi dalam artikel lanjutan mengenai sistem
yang melekat pada chasis mobil. Memahami lebih detail dalam sistem yang
bekerja pada mobil akan memudahkan anda dalam memperbaiki kerusakan yang
terjadi pada mobil kesayangan anda. Mobil yang anda gunakan untuk
sehari-hari akan lebih terjaga dan terawat. Terus belajar dengan segala
keterbatasan, jangan berhenti belajar untuk yang lebih digemari. Apalagi
mengenal lebih jauh kepribadian dari sebuah mobil dan apa-apa saja yang
harus dikerjakan ketika mobil rusak. Salam otomotif.




Komentar
Posting Komentar